Belajar Sambil Meneliti. Puluhan Mahasiswa Geografi STKIP Kie Raha Berkunjung Ke Kantor BMKG Babulah Ternate

   253 views

Gambar. Foto bersama Antara Ketua Prodi dan Mohamt Riva bersama Mahasiswa semester satu. 

http://www.faktapers.com/belajar-sambil-meneliti-puluhan-mahasiswa-geografi-stkip-kie-raha-ternate-berkunjung-ke-kantor-bmkg.html

Sebanyak 32 orang mahasiswa semester satu angkatan 2017 Progtam Studi Pendidikan Geografi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Ternate  pada Sabtu (30/08/17) pagi kemarin melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan kunjungan  yang di dampingi secara langsung Ketua Program Studi Pendidikan Geografi, Alwi La Masinu, M.T. tersebut dalam rangka melakukan learning by research atau belajar sambil meneliti.

Gambar. Foto bersama mahasiswa semester satu di depan kantor BMKG Babulah Ternate

Dalam kunjungan itu, mahasiswa Geografi STKIP mendapatkan paparan materi tentang pengukuran curah hujan oleh pihak BMKG sekaligus dikenalkan pada beberapa peralatan yang mutakhir.

Menurut Alwi La Masinu, kunjungan praktek yang dilaksanakan bukan baru kali ini (2017) saja, namun telah dilaksanakan selama empat tahun terakhir. Akan tetapi, saat itu tidak dilakukan dengan dasar hukum yang pasti, yakni tidak melalui Memorandum of Understanding (MoU).

Alwi juga mengatakan, selain melakukan kegiatan praktek, untuk merealisasikan visi dan misi Program Studi Pendidikan Geografi. Saat ini dirinya juga tengah mempersiapkan penyusunan draf kerja MoU untuk kesiapan di bulan Oktober – November 2017.

“Kami sedang menyiapkan drafnya, Insya Allah, ini nantinya kami tujukan kepada dua Lembaga Pemerintah yang berbeda di Provinsi Maluku Utara yaitu Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), serta ke Pusat vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),” tutur Alwi.

Menurut Alwi, tujuan dari kerja sama yang dilakukan ini, sebagai pemanfaatan sarana dan prasarana melalui program kuliah kerja lapangan (KKL) bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dan kegiatan praktikum. Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan formal yang dilakukan selama satu tahun sekali (workshop).

Penelitian dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bagi Dosen untuk keperluan publikasi karya ilmiah sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni, serta memudahkan mahasiswa untuk melakukan pengambilan data penelitian  dalam menyelesaikan tugas akhir Skripsi.

Sementara soal kerjasama dengan BMKG Ternate, kata Alwi, saat dirinya berbincang dengan Kepala Seksi Data dan Informasi Mohamad Riva N,ST ada beberapa hal yang disampaikan Mohamad, bahwa dari BMKG akan bersedia memberikan bantuan kepada Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate berupa alat pengukuran curah hujan, yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam kegiatan praktek, alat itu juga akan di letakan di belakang gedung C program studi geografi. Selain itu, dari pihak BMKG juga akan melakukan kegiatan praktek dalam waktu dekat tentang model hujan buatan, dengan tujuan agar mahasiswa dapat memahaminya.

Sementara itu, Arisius Y. Kasengke M.Pd selaku Dosen  Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate menyampaikan dirinya memiliki harapan besar saat ini terhadap mahasiswa angkatan tahun 2017, untuk dapat mengkontekstualisasi pembelajaran di kelas melalui perkuliahan di lapangan serta dapat menghidupkan kembali selogan geografi learning by research (belajar sambil meneliti).

Sementara, kegiatan praktek di kantor pusat Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dilakukan oleh mahasiswa pendidikan Geografi itu, mendapat dukungan penuh dari Ketua Pimpinan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan STKIP Kie Raha Ternate Dr. Hi. Sidik D. Siokona, M.Pd. Dimana pada kesempatan itu menjelaskan, bahwa kegiatan praktek di Lembaga Pemerintah itu dilakukan sebagai wujud dari pelaksanaan visi dan misi STKIP Kie Raha Ternate serta dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa dalam menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat saat ini (ss)

Tinggalkan komentar